Agar Investasi Maksimal, Bayarlah Asuransi secara Bulanan

Beberapa produk asuransi hanya menyediakan cara bayar tahunan, sebagian lagi cara bayarnya bisa bulanan, triwulanan, semesteran, atau tahunan. Ada juga yang preminya cukup dibayar sekali, alias premi tunggal.

Jika tujuannya ingin sekaligus berinvestasi, maka menurut saya cara bayar bulanan lebih menguntungkan. Gambarannya begini:

Misalnya kita punya bujet uang 5 juta rupiah. Kita ingin asuransi jiwa yang bisa memproteksi 1 miliar. Di produk asuransi yang bayarnya tahunan, kita bisa mendapatkannya dengan premi 3 juta setahun. Sedangkan melalui produk asuransi yang bayarnya bisa bulanan, kita dikenakan premi 355 ribu per bulan. (Catatan, ini untuk pria usia 30 tahun, tidak merokok, pekerjaan dalam ruangan. Keterangan produknya bisa dilihat di sini).

Dari dua pilihan itu, mana yang harus dipilih agar investasi maksimal?

Jika kita memilih bayar yang tahunan, kita keluar uang 3 juta, dan di tangan kita ada sisa 2 juta. Uang 2 juta ini kita investasikan.

Jika kita memilih bayar yang bulanan, kita keluar uang 355 ribu, dan di tangan kita tersedia uang Rp 4.645.000. Uang 4,645 juta ini kita investasikan.

Dari sini saja, terlihat bahwa start-nya sudah beda. Hasil akhirnya bagaimana, tergantung kemampuan kita berinvestasi. Bagi seorang investor andal, dan terutama yang biasa berinvestasi di saham langsung (bukan melalui reksadana), mulai dengan kas yang besar memberi dia keleluasaan lebih. Saya sendiri, melalui investasi plus trading di saham, bisa mendapatkan retur sekitar 10% per bulan. Kalau dari uang 4,645 juta berarti sekitar 464.500 per bulan. Retur ini masih ada lebihnya untuk membayar premi bulan berikutnya 355 ribu.

Jika kita seorang pebisnis atau pedagang, modal awal 4,645 juta akan memberikan keuntungan yang lebih besar lagi. Setiap orang yang berbisnis tahu betapa berharganya setiap sen uang yang ada di tangannya, bahkan walaupun itu bukan uang dia. Di sini berlaku adagium “Cash Is King“. Saya tidak bisa memberikan simulasi berapa keuntungan per bulan, karena tiap orang akan berbeda. Yang jelas, dalam tinjauan time value of money (TVM), uang yang diputar lebih awal jauh lebih berharga dibanding uang yang diputar belakangan. Dan uang yang lebih besar memberikan keuntungan lebih besar pula.

Dan tentunya, jika kemampuan keuangan kita terbatas, atau kita tidak punya stok uang kas sebesar jutaan, pilihannya hanya asuransi yang bisa bayar bulanan. 355 ribu per bulan dapat UP 1 miliar, mau? []

About these ads

3 gagasan untuk “Agar Investasi Maksimal, Bayarlah Asuransi secara Bulanan

  1. Ping-balik: 355 Ribu Per Bulan Dapat UP 1 Miliar, Mau? | Allianz Syariah

  2. Ping-balik: Cash Is King (Contoh Penerapan di Asuransi) | Allianz Syariah

  3. Ping-balik: Tabel Perbandingan Term Life vs Unit Link Tapro | Allianz Syariah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s